Visi & Misi /DCB/

I. Tentang Daya Cipta Budaya 

Daya Cipta Budaya atau /DCB/ adalah organisasi non-pemerintah, non-profit dan berbasis Relawan yang memberdayakan pendidikan melalui pendekatan seni untuk mencapai peningkatan kualitas hidup masyarakat sesuai dasar kebudayaan yang berkembang dalam lingkungan masyarakat. /DCB/ memandang kebudayaan sebagai segala apa yang dipikirkan dan dilakukan manusia, dan seni merupakan unsur yang sangat penting yang memberi wajah manusiawi, unsur keindahan, keselarasan, keseimbangan, perspektif, irama, harmoni, proporsi dan sublimasi pengalaman manusia pada kebudayaan. 


II. Visi 

Menjaga dan meningkatkan kualitas kebudayaan masyarakat untuk menciptakan lingkungan kehidupan yang lebih baik, yang selaras dengan alam secara berkelanjutan. 


III. Misi 

  1. Melakukan upaya pencerdasan masyarakat melalui pendekatan seni sesuai dasar kebudayaan yang berkembang di masyarakat dengan penampakan alamnya. 
  2.  Melakukan Upaya pencerdasan kebudayaan yang diterapkan dengan:
  • Membangun komunitas berbasis seni teater yang menjadi sarana awal untuk meningkatkan kesadaran terhadap diri sendiri, membangun kebersamaan sebagai masyarakat yang saling menguatkan dan keselarasan dengan lingkungan alamnya, melalui program-program pendidikan dan pelatihan, serta publikasi dengan memanfaatkan berbagai media komunikasi.
  • Membangun pengelolaan sumber daya berbasis kemasyarakatan yang mengarah pada kemandirian.
  • Melakukan pendampingan pada program-program pemerintahan dalam menerapkan kebijakan-kebijakan yang terkait kebudayaan untuk memastikan terciptanya lingkungan kehidupan yang lebih baik, yang selaras dengan alam secara berkelanjutan.
*klik, untuk memperbesar

IV. Pendanaan Operasional dan Kesediaan Modal

/DCB/ membangun dan mengembangkan kemampuannya untuk mencapai visi dan misinya melalui pemberdayaan para Staf, Relawan, dan Komunitas yang menjadi agent perubahan untuk membatasi, mempersempit dan meniadakan ruang gerak aktifitas-aktifitas individu dan/atau kolektif yang telah mencederai alam dalam mengeksplorasi sumber daya yang berakibat merugikan unsur keselarasan kehidupan yang berkelanjutan. Usaha tersebut, tidak dapat dipungkiri akan membutuhkan energi, waktu dan biaya sehingga /DCB/ juga perlu membangun dan mengembangkan strategi dalam mendapatkan modal untuk meningkatkan pelayanannya pada masyarakat.

Pada tahun awal pendirian, /DCB/ hanya didanai dari dana pribadi pendiri dan sumbangan Boni Avibus (siapa Boni Avibus, dapat dibaca di www.boniavibus.co.cc) yang diperolehnya dari honor pementasan dalam kegiatan berkesenian. Sejalan dengan waktu dan pertumbuhan komunitas yang kemudian terbentuk, /DCB/ mendapatkan tambahan pendanaan dari iuran anggota komunitas yang tergabung dalam Teater Anak Negeri.

Sejalan dengan itu pula, pelayanan /DCB/ terhadap masyarakat semakin meningkat sehingga diperlukan upaya peningkatan pendapatan agar keberlangsungan pelayanan dapat stabil dan berkelanjutan. Pada periode 2011-2016 /DCB/ akan meningkatkan upaya untuk mendapatkan modal melalui:
  1. Kegiatan swadana Komunitas & Program 
  2. Melakukan investasi pada Staf & Relawan dalam bentuk peningkatan kapabilitas untuk memperoleh pendapatan layanan jasa (earned income). 
  3. Pengembangan kapasitas pendanaan publik oleh individu, pemerintah, swasta, masyarakat dan agen pemberi dana pada program-program /DCB/ yang tidak membebankan biaya/gratis.

Donasi untuk proses kegiatan Daya Cipta Budaya dapat di salurkan melalui: Bank Danamon Cab. BDI Bandung Merdeka No. Rek: 103533444.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Visi & Misi /DCB/"

Post a Comment